RSWN Berinovasi dengan Covid Swab Booth

Saat ini RSUD K.R.M.T Wongsonegoro telah menyediakan bilik uji swab. Covid Swab Booth pun coba ditempatkan di kantor diklat Kota Semarang yang saat ini telah berubah menjadi tempat karantina bagi penderita Covid-19 di kota Semarang. 

Menurut Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, keberadaan swab booth ini akan sangat membantu petugas medis untuk lebih aman saat memeriksa banyak orang di tempat terbuka. Beliau berharap dengan adanya Covid Swab Booth ini dapat meningkatkan efisiensi pengujian, kenyamanan, serta keamanan petugas, juga pasien. Penggunaan bilik seperti ini dapat menghemat waktu pengambilan sampel, serta mengurangi limbah medis.

Apabila bilik swab dapat berfungsi secara maksimal untuk selanjutnya akan diperbanyak. Dengan adanya bilik ini juga diharapkan akan menghemat penggunaan APD, terutama yang biasanya digunakan untuk pengambilan sampel saat melakukan test swab. 

Sementara itu, Direktur Utama RSUD KRMT Wongsonegoro, dr Susi Herawati optimis jika adanya swab booth tersebut mampu meningkatkan penanganan Covid-19 menjadi lebih baik.  Bilik ini merupakan bilik sampling Covid-19 untuk mengambil uji swab bagi masyarakat yang terduga terpapar virus corona. Didesain khusus agar petugas pengambil sampel terlindungi dari paparan virus melalui droplet.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X