.                               KERJA KERAS, KERJA CERDAS, UTAMAKAN PRIORITAS                                     . .                          APABILA ANDA TIDAK PUAS DENGAN PELAYANAN KAMI, SILAKAN HUBUNGI KONTAK EMAIL : rsud@semarangkota.go.id, TELP : 024-6711500 ext 127, SMS : 0857 9999 4001              .                    SMS CENTER : 0857 - 9999 - 4001                                                        RSUD K.R.M.T. WONGSONEGORO SEMARANG TELAH TERAKREDITASI OLEH KOMITE AKREDITASI RUMAH SAKIT (KARS) VERSI SNARS EDISI 1 DENGAN PREDIKAT PARIPURNA                    SMS CENTER : 0857 - 9999 - 4001                                                                Unduh dan Pasang Aplikasi My RSWN dari Play Store dan manfaatkan banyak manfaat didalamnya                                              

Mulailah dari Keluarga untuk Menciptakan Anak Berprestasi

12-03-2020 15:35 WIB
Admin

Artikel oleh Emilia Pramagprihatini, S.Psi., Psikolog.         

Keluarga merupakan unit terkecil di dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Keluarga merupakan tempat dimana sebagian besar dari kita mempelajari komunikasi. Keluarga juga menjadi tempat belajar komunikasiyang pertama kalinya sebelum menginjak ke ranah yang lebih luas.

Dewasa ini, seringkali orang tua maupun anak terlalu sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Orang tua yang sibuk bekerja hingga larut malam dan anak-anak memiliki kesibukan dengan tugas sekolah maupun diluar sekolah. Aktivitas inilah yang menyebabkan kelelahan yang luar biasa ketika sampai dirumah. Bahkan, kegiatan yang sangat padat ini menyebabkan beberapa orang tua dan anak lebih memilih untuk masuk ke kamar agar bisa segera beristirahat ketika sampai dirumah atau membuka media sosial dibandingkan dengan hanya menyempatkan duduk santai lalu melakukan obrolan yang ringan dengan anggota keluarga lain.

Terkikisnya komunikasi di dalam keluarga mulai banyak dirasakan di era globalisasi. Masing-masing individu di dalam keluarga merasa memiliki kewajiban yang harus dilakukan sehingga jarang sekali terlibat dalam komunikasi yang berkualitas di dalam keluarga sehingga menyebabkan minimnya komunikasi ketika berada di dalam rumah. Sungguh sangat disayangkan ketika di dalam keluarga hanya memiliki sedikit frekuensi untuk berkomunikasi. Hal ini cukup mengkhawatirkan apabila terjadi secara terus menerus karena tanpa adanya komunikasi dalam keluarga akan terjadi kesalahpahaman yang terus meningkat sehingga menyebabkan tingginya perselihan di dalam keluarga, kemudian kurangnya terbentuk rasa percaya diri, dan kurangnya motivasi di dalam mengerjakan tugas.

Menurut penelitian, sebanyak 82% keluarga yang melakukan komunikasi yang baik akan meningkatkan prestasi terhadap anak-anaknya. Hal ini dikarenakan komunikasi di dalam keluarga dirasakan memiliki banyak manfaat untuk seluruh anggota keluarga yang berada di dalamnya. Apalagi jika di dalam komunikasi tersebut mengandung motivasi, harapan orang tua pada anak, dan berisi gagasan yang ingin anak sampaikan kepada orang tua.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika menjalin komunikasi dengan anak yaitu menghargai adanya perbedaan pendapat yang terjadi, memuji setiap kegiatan yang dilakukan anak, dan berusaha untuk memberikan respon yang positif terhadap cerita anak. Berusahalah untuk melakukan yang terbaik agar anak mampu menyerap energi positif yang terjadi di dalam keluarga sehingga mempengaruhi prestasinya.

Dengan adanya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, tentunya hal ini akan memberikan semangat pada anak untuk mencapai prestasi yang baik karena anak memiliki nilai positif terhadap proses belajarnya, baik di sekolah maupun diluar sekolah. Anak merasa memiliki sosok untuk menceritakan keluh kesahnya, memiliki solusi dari setiap permasalahan yang dialaminya, dan memiliki motivasi yang tinggi terhadap cita-citanya di masa depan dikarenakan dukungan yang ada dari orang tuanya. Disinilah peran orang tua akan banyak terlihat melalui komunikasi yang terjalin dengan baik untuk meningkatkan prestasi anak-anak. Maka dari itu, sebaiknya orang tua menyempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak walaupun hanya sebentar. Kualitas komunikasi antara orang tua dan anakinilah yang ternyata menjadi salah satu faktor keberhasilan anak dalam meraih prestasinya.


Pelayanan

Tautan

RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro 2020 © All Rights Reserved.

TOP