.                               KERJA KERAS, KERJA CERDAS, UTAMAKAN PRIORITAS                                     . .                          APABILA ANDA TIDAK PUAS DENGAN PELAYANAN KAMI, SILAKAN HUBUNGI KONTAK EMAIL : rsud_semarang@yahoo.com, TELP : 024-6711500 ext 127, SMS : 0857 9999 4001              .                    SMS CENTER : 0857 - 9999 - 4001                                                        RSUD K.R.M.T. WONGSONEGORO SEMARANG TELAH TERAKREDITASI OLEH KOMITE AKREDITASI RUMAH SAKIT (KARS) DENGAN STANDAR AKREDITASI VERSI 2012 TINGKAT PARIPURNA                   SMS CENTER : 0857 - 9999 - 4001                             RSUD K.R.M.T. WONGSONEGORO SEMARANG TELAH TERAKREDITASI OLEH KOMITE AKREDITASI RUMAH SAKIT (KARS) DENGAN STANDAR AKREDITASI VERSI 2012 TINGKAT PARIPURNA                       SMS CENTER : 0857 - 9999 - 4001                                                                            Unduh dan Pasang Aplikasi My RSWN dari Play Store dan manfaatkan banyak manfaat didalamnya                                              

PENTINGNYA ASESMEN ANESTESI DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

PENTINGNYA ASESMEN ANESTESI

DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

Memberikan pelayanan kesehatan paripurna sesuai kebutuhan pasien dan keluarga secara profesional yang berorientasi pada keselamatan pasien merupakan salah satu misi RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang, untuk itu RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang melakukan kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang sesuai dengan SNARS Edisi 1. Kegiatan ini dilakukan di setiap unit kerja atau instalasi terkait untuk mengukur kinerja pelayanan RS dan sebagai manajemen kontrol untuk mendukung pengambilan keputusan.

Pemantauan program mutu dan keselamatan pasien ini dilakukan oleh instalasi/unit kerja masing – masinng, selain itu pemantauan juga dilakukan melalui program validasi data yang bertujuan unutk menetapkan tingkat kepercayaan (confidence level), Validasi sebagai bagian penting dari upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan. Validasi diartikan sebagai suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan.

Berikut salah satu Hasil validasi indikator instalasi bedah sentral, yaitu laporan persetujuan operasi oleh dokter dan kelengkapan dokumen asesmen pra anestesi pada pasien yang akan dilakukan operasi elektif. Karena pencapaian indikator ini selalu 100% sehingga menimbulkan pertanyaan, oleh karenanya tim mutu ingin melakukan validasi terkait indikator tersebut. Hasil validasinya adalah  sebagai berikut Kelengkapan Dokumen Asesmen Pra Anestesi Pada Pasien Yang Akan Dilakukan Operasi Elektif

Grafik 1. Perbandingan Antara Standar, Hasil Capaian dan Hasil Validasi Kelengkapan Dokumen Assesmen Pra Anestesi Pada Pasien yang Akan Dilakukan Operasi Elektif sebagai berikut :

                Berdasarkan hasil validasi bulan Agustus 2018 yang telah dilakukan oleh tim mutu, kelengkapan dokumen assesmen pra anestesi pada pasien yang akan dilakukan operasi elektif sebesar 60%, artinya kelengkapan dokumen assesmen pra anestesi pada pasien yang akan dilakukan operasi elektif tidak akurat karena tingkat akurasinya ≤90%. Rekomendasi yang diberikan adalah berkoordinasi dengan bagian anestesi dan melakukan sosialisasi terhadap dokter spesialis anestesi untuk mengisi kelengkapan dokumen pra anestesi sebelum melakukan operasi.

Selanjutnya berdasarkan hasil validasi kedua yang telah dilakukan oleh tim mutu, kelengkapan dokumen assesmen pra anestesi pada pasien yang akan dilakukan operasi elektif sebesar 90,20%, artinya kelengkapan dokumen asesmen pra anestesi pada pasien yang akan dilakukan operasi elektif akurat karena tingkat akurasinya ≤90%. Rekomendasi yang diberikan adalah Pertahankan hasil yang sudah dicapai dengan selalu melakukan pemantauan dokumen rekam medis sebelum pasien masuk kamar OK, pengecekan dimulai dari dokumen pra anestesi, dokumen persetujuan operasi oleh dokter.

Dilihat dari bukti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan asesment pra anestesi membawa pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan mutu dan keselamatan pasien sehingga goalnya pasien terlayani dengan baik dan terpuaskan.

“SALAM PASIEN SAFETY”

Oleh : Komite PMKP RSWN

 

 

Pelayanan

Tautan

RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro 2019 © All Rights Reserved.

TOP