Profil RSD KRMT Wongsonegoro

           Rumah Sakit Daerah Kanjeng Raden Mas Temanggung Wongsonegoro adalah lembaga teknis daerah kota Semarang dalam penyelenggaraan tugas publik, yaitu pelayanan kesehatan, Rumah Sakit ini didirikan tahun 1990 terletak di Jl. Fatmawati No.1 Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang dengan nama RSUD Kota Semarang oleh dr. H. Imam Soebekti, MPH dan diresmikan oleh Walikota Semarang Bapak Iman Soeparto Tjakrayuda, S.H. Rumah Sakit ini berdiri di lahan sebesar 0.85 ha. Pelayanan waktu didirikan terdiri dari pelayanan poliklinik rawat jalan, UGD, Laboratorium dan dapur yang dilayani oleh 28 pegawai.

           Pada tahun 1994 RSUD Kota Semarang meningkat kelasnya menjadi Rumah Sakit Tipe D. Pada tahun 1996, berdasarkan SK Menteri Kesehatan No 536/Menkes/SK/VI/1996, RSUD Kota Semarang menjadi Rumah Sakit Tipe C. Sejak Tahun 2002, telah terakreditasi 12 pelayanan. Pada tahun 2003 berdasarkan SK Menteri Kesehatan No 194/Menkes/SK/II/2003, maka RSUD Kota Semarang meningkat kelasnya menjadi kelas B.

Pada tanggal 18 Juni 2007 dengan terbitnya surat Keputusan Walikota No 445/0174/2007 RSUD Kota Semarang menjadi Badan Layanan Publik sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2005 tentang Pola Pengelolaan Keuangan Badan layanan Umum Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 61 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.

Tahun 2017 melalui Surat Keputusan Walikota Semarang No 445/11/2016 tentang Penetapan “K.R.M.T. Wongsonegoro: sebagai nama rumah sakit, maka RSUD Kota Semarang berganti nama menjadi RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang.

Sesuai dengan Perwal 36 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Rumah Sakit Daerah K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang, Rumah Sakit Umum Daerah KRMT Wongsonegoro dirubah menjadi Rumah Sakit Daerah K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang.

RSD KRMT Wongsonegoro atau biasa disebut RSWN, yang saat ini RSWN berdiri diatas lahan seluas 8,08 Hektare adalah merupakan Rumah Sakit Tipe B pendidikan utama yang didukung oleh :

  • 1.531 pegawai yang terdiri dari PNS 382 ; CPNS 50 ; BLUD 1069, TPHL 1, P3K 1, Dokter Mitra 28, Struktural 11
  • Jumlah tempat tidur sebanyak 538 TT terdiri dari 450 Ruang Rawat Inap Perawatan, dan Ruang Intensive 88 TT.

Tahun 2022 RSWN telah lulus Akreditasi Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARSDHP) dengan predikat LULUS PARIPURNA.

Instalasi di RSWN sebagai berikut :

  1. Instalasi rawat jalan
  2. Instalasi rawat inap
  3. Instalasi gawat darurat
  4. Instalasi rawat intensif dewasa
  5. Instalasi rawat intensif anak
  6. Instalasi kamar bersalin
  7. Instalasi hemodialisa
  8. Instalasi laboratorium
  9. Instalasi radiologi
  10. Instalasi bedah sentral
  11. Instalasi anestesi dan reanimasi
  12. Instalasi rehabilitasi medik
  13. Instalasi farmasi
  14. Instalasi gizi
  15. Instalasi pemeliharaan sarana rumah sakit
  16. Instalasi sterlisasi sentral
  17. Instalasi pemulasaraan jenazah
  18. Instalasi kesehatan dan keselamatan kerja
  19. Instalasi rekam medik
  20. Instalasi pendidikan dan pelatihan
  21. Instalasi system informasi manajemen rumah sakit

RSWN saat ini dipimpin oleh direktur dr. Susi Herawati, M.Kes. RSD K.R.M.T Wongsonegoro menjadi Rumah Sakit percontohan sebagai Green Hospital National, dan memiliki budaya kerja yang dijunjung tingggi yaitu, nilai Religius, Integritas, Profesional, dan Inovatif.

RSD K.R.M.T Wongsonegoro dalam memberikan pelayanan selalu menerapkan budaya 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sentuh, Sembuh) dengan Motto “Melayani Dengan Ikhlas”.

RSD K.R.M.T Wongsonegoro memiliki berbagai inovasi pelayanan publik diantaranya ;

  • Aplikasi MY RSWN

Mobile Aplikasi Android, RSWN ada dalam satu genggaman (pendaftaran online, jadwal dokter, info ketersediaan bed pasien, emergency RSWN, WBS, kritik-saran, riwayatku, dll)

  • Aplikasi E-Management

Mobile Aplikasi Android yang dipergunakan untuk melihat informasi SDM, pendapatan, data pasien rawat inap, kunjungan pasien rawat jalan, dll.

  • SIMRAKA

Sistem Informasi Rencana Kerja dan Anggaran. Sistem Aplikasi Online yang berfungsi sebagai sarana untuk menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Badan Layanan Umum Daerah secara Online, melalui SIMRAKA  dapat memberikan dampak perubahan yang signifikan terutama ketepatan waktu dan keakuratan data yang disajikan.

  • CINTAKU RSWN (Catatan Integrasi Kunjunganku di RSWN)

Pelanggan dapat melihat catatan kunjungannya di RSWN melalui website dengan akun khusus yang bisa diakses oleh pelanggan.

  • TERPESONA

Tabel EWSS Perkembangan Pasien Resiko Jatuh Alergi Obat Do Not Resuscilation.

  • PARU KRONIS

Penyarin Udara Hepa Filter Murah dan Ekonomis.

  • SI RINDU

Sistem Informasi Harian Terpadu yang membantu keluarga pasien untuk mendapatkan update kondisi pasien.

  • V-e Wongso

Sebuah aplikasi verifikasi klaim BPJS Elektronik.

  • ANASTASIA

Air Panas Gratis Dari AC. Sebuah inovasi yang memanfaatkan panas AC untu memanaskan air, yang bisa dipergunakan untuk mandi.

  • YANKESTRAD

Sebuah pelayanan kesehatan tradisional yang terpadu (akupunktur, akupresure, pijat baduta, pijat refleksi, dan konsultasi obat herbal)

  • OPERA SEMARANG

Orientasi Pasien Baru Ruang Rawat Inap dengan Senyum Melayani Ramah Berkembang.

  • Si IMOET

Sistem Informasi Monitoring Emergency On Time. Sebuah Inovasi pelayanan di ruang IGD, untuk optimalisasi monitoring waktu pelayanan pasien di IGD RSWN.

  • BECAK KAYU

Bercerita dan Edukasi Kesehatan Anak yang Terpadu.

  • SI TRELLO

Sebuah inovasi untuk mempermudah monitoring pekerjaan yang ada di RSWN dengan memanfaatkan aplikasi TRELLO.

 

X
× .